3DS Max 2016
3DS
Max merupakan sebuah software membuat 3D program grafis komputer profesional
untuk membuat animasi 3D , bangunan 3D , model 3D , permainan 3D dan gambar 3D .3D
Max dikembang -kan dan diproduksi oleh Autodesk Media dan Entertaiment yang
pertama dirilis pada awal 1990 dan terakhir rilis 12 april 2015 dengan versi
Autodesk 3DS Design 2016 .
3DS Max
memiliki kemampuan pemodelan, arsitektur plugin yang fleksibel dan dapat
digunakan pada platform Microsoft Windows. Hal ini sering digunakan oleh
pengembang video game, banyak studio TV komersial dan studio visualisasi
arsitektur. Hal ini juga digunakan untuk efek film dan film pra visualisasi. Untuk
pemodelan dan animasi , versi terbaru dari 3ds Max juga fitur shader (seperti
oklusi ambien dan hamburan bawah permukaan), simulasi dinamis, sistem partikel,
radiosity, peta penciptaan normal dan rendering, pencahayaan global, antarmuka
pengguna disesuaikan, dan yang sendiri bahasa scripting.
3DS Max 2016 mempunyai spesifikasi Platform x64, yang
suport pada sistem operasi Windows 7,windows 8 dan windows 8.1, CPU 64 bit
intel atau AMD multi core prossesor, Mempunyai kartu grafis, Ram 4 GB
direkomendasikan 8 GB ,disk space 4.5 GB ruang disk untuk menginstal dan
memiliki 3 tombol mouse,mempunyai lisensi trialware
3DS Max 2016 juga mempunyai fitur pendukung bagi
penggunanya untuk membuat animasi
3D , bangunan 3D , model 3D , permainan 3D dan gambar 3D yaitu :
MAXScript
MAXScript
adalah built-in bahasa scripting yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi
tugas yang berulang, menggabungkan fungsi yang ada dengan cara baru,
mengembangkan alat baru dan antarmuka pengguna, dan banyak lagi. Modul plugin
dapat dibuat seluruhnya dalam MAXScript.
Karakter
Studio
Karakter
Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam
3D Studio Max, membantu pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem
ini bekerja dengan menggunakan karakter atau "Biped" kerangka yang
memiliki pengaturan saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan
karakter jerat fit dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing
yang kuat untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan keyframing alur
kerja, dan berbagi data animasi di kerangka Biped yang berbeda. Ini
"Biped" objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu
mempercepat produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Adegan
Explorer
Adegan
Explorer, alat yang memberikan pandangan hirarkis adegan data dan analisis,
memfasilitasi bekerja dengan adegan yang lebih kompleks. Adegan Explorer
memiliki kemampuan untuk menyortir, menyaring, dan pencarian adegan oleh setiap
jenis objek atau properti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max 2008,
itu adalah komponen pertama untuk memfasilitasi NET kode dikelola dalam 3ds Max
luar MAXScript.
DWG
impor
3ds
Max mendukung impor dan menghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori di
3ds Max 2008 memungkinkan adegan yang lebih besar harus diimpor dengan beberapa
objek.
Tugas
tekstur / editing
3ds
Max menawarkan operasi untuk tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk
ubin, mirroring, decals, sudut, memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi, Hapus Distortion, Pertahankan UV dan
ekspor template gambar UV. Tekstur alur kerja mencakup kemampuan untuk
menggabungkan jumlah yang tidak terbatas tekstur, bahan / peta browser dengan
dukungan untuk tugas drag and drop, dan hirarki
dengan thumbnail. Fitur alur kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang
mendefinisikan lapisan adat dan memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs
menurut orang-orang jahitan, copy
/ bahan paste, peta dan warna dan akses ke jenis cepat pemetaan (kotak,
silinder, bola).
Keyframing
Umum
Dua
keying mode - mengatur kunci dan auto key menawarkan dukungan untuk workflow
keyframing berbeda. Kontrol
cepat dan intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste - membiarkan
pengguna membuat animasi dengan mudah. Animasi lintasan dapat dilihat dan
diedit langsung di viewport.
Animasi
dibatasi
Benda
dapat animasi sepanjang kurva dengan kontrol untuk penyelarasan, perbankan,
kecepatan, kelancaran, dan perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol
untuk penyelarasan. Berat jalan-dikendalikan animasi antara beberapa kurva, dan
menghidupkan berat. Benda dapat dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek lain
dalam banyak cara - termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yang
berbeda, dan menghubungkan di berbagai titik dalam waktu. Kendala ini juga
mendukung pembobotan animasi antara lebih dari satu target. Semua dihasilkan
animasi dibatasi dapat runtuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih
lanjut.
Menguliti
Entah
Kulit atau pengubah Physique dapat digunakan untuk mencapai kontrol tepat
deformasi tulang, sehingga karakter deformasi lancar sebagai sendi digerakkan,
bahkan di daerah yang paling menantang, seperti bahu. Deformasi kulit dapat
dikendalikan dengan menggunakan beban puncak langsung, volume simpul
didefinisikan oleh amplop, atau keduanya.
Kemampuan
seperti tabel berat badan, bobot paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot
menawarkan editing yang mudah dan mentransfer berbasis kedekatan antara model,
menyediakan akurasi dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Pilihan
mengikat menguliti kaku berguna untuk menghidupkan model low-poligon atau
sebagai alat diagnostik untuk animasi kerangka biasa. Pengubah tambahan,
seperti Bungkus Kulit dan Kulit Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat
dengan jerat lain dan membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah
sulit.
Kerangka
dan invers kinematika (IK)
Karakter
dapat dicurangi dengan kerangka kustom menggunakan 3ds Max tulang, IK pemecah,
dan alat-alat didukung oleh data Tangkap gerak kecurangan.
Semua
alat animasi - termasuk ekspresi, script, daftar controller, dan kabel - dapat
digunakan bersama dengan satu set utilitas khusus untuk tulang untuk membangun
rig struktur apapun dan dengan kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat
UI yang diperlukan untuk mendapatkan karakter mereka animasi .
Empat
plug-in IK pemecah kapal dengan 3ds Max: sejarah-independen solver, tergantung
sejarah solver, pemecah tungkai, dan spline IK solver. Ini pemecah kuat
mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi karakter berkualitas
tinggi. Sejarah-independen solver memberikan campuran halus antara IK dan FK
animasi dan menggunakan sudut disukai untuk memberikan animator kontrol lebih
besar atas posisi tulang yang terkena.
Dependen-sejarah
solver dapat memecahkan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin-seperti
animasi. IK ekstremitas adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk
real-time interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan lengan karakter atau kaki.
Spline IK solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang
dapat dipindahkan di mana saja di ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi
efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk
sentuhan and roll kontrol digunakan mudah.
Terpadu
Kain solver
Selain
reaktor pengubah kain, 3ds Max software memiliki mesin kain-simulasi terpadu
yang memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek 3D menjadi
pakaian, atau membangun pakaian dari awal. Pemecahan tabrakan cepat dan akurat
bahkan dalam simulasi yang kompleks.
Simulasi
lokal memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk
mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan kunci animasi.
Simulasi
kain dapat digunakan bersama dengan 3ds Max lain kekuatan dinamis, seperti
Space Warps. Beberapa sistem kain independen dapat animasi dengan benda-benda
dan kekuatan mereka sendiri. Data kain deformasi dapat di-cache ke hard drive
untuk memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Integrasi
dengan Autodesk Vault
Autodesk
Vault plug-in, yang kapal dengan 3ds Max, mengkonsolidasikan 3ds pengguna 'aset
Max dalam satu lokasi, memungkinkan mereka untuk secara otomatis melacak file
dan mengelola pekerjaan yang sedang berjalan. Pengguna dapat dengan mudah dan
aman berbagi, menemukan, dan menggunakan kembali 3ds Max (dan desain) aset
dalam produksi atau visualisasi skala besar lingkungan.
Cara kerja 3ds max
sangatlah mudah Pertama yang kita lakukan adalah menginstal software 3DX Max ,setelah
di instal 3ds max sudah siap digunakan.selain itu juga banyak fitur pendukung
pada software 3ds max antara lain : MAXScript, Karakter Studio, Adegan Explorer, DWG impor, Keyframing Umum, Animasi dibatasi, Menguliti, Terpadu Kain solver dan Integrasi dengan
Autodesk Vault.
Sumber : https://knowledge.autodesk.com/support/3ds-max/troubleshooting/caas/
sfdcarticles/sfdcarticles/System-requirements-for-Autodesk-3ds-Max-2015.html https://en.wikipedia.org/wiki/Autodesk_3ds_Max
Tidak ada komentar:
Posting Komentar